Saturday 19 December 2015

Resume Pendahuluan Asas-asas Manajemen

A.    Definisi Manajemen
Kata manajemen tidaklah berasal dari kata “management” dalam bahasa Inggris, namun berasal dari kata “ménagement” yang berasal dari bahasa Prancis kuno yang berarti seni melaksanakan dan mengatur. Kata manajemen juga kemungkinan berasal dari bahasa Italia “maneggiare” yang berarti mengendalikan, yang berasal dari kata “manus” yang berarti tangan dalam bahasa latin. Bahasa Prancis kemudian mengadopsi kata ini dari bahasa Inggris “management”.
Beberapa literatur memberikan definisi berbeda terhadap manajemen, masing-masing ahli juga memberikan definisi berbeda terhadap manajemen. Untuk mengartikan dan mendefinisikan manajemen, dapat dilihat dari tiga pengertian, yaitu:
1.      Manajemen sebagai suatu proses
Dalam lingkup manajemen sebagai suatu proses, beberapa ahli merumuskan definisi manajemen sebagai berikut.
a.       Prof. Dr. S. Prayudi Atmosudirdjo
Manajemen adalah menyelenggarakan sesuatu dengan menggerakkan orang-orang, uang, mesin-mesin, dan alat-alat sesuai dengan kebutuhan.
b.      Dr. Sondang P. Siagian, MPA
Manajemen adalah kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh sesuatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui kegiatan-kegiatan orang lain.
c.       Drs. Tje Liang Gie
Manajemen adalah proses yang menyegerakan tindakan-tindakan dalam usaha kerja sama manusia, sehingga tujuan yang telah ditentukan benar-benar tercapai.
d.      George R. Terry
Manajemen adalah pencapaian tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu dengan mempergunakan kegiatan orang lain.
e.       James Stoner
Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian usaha-usaha para anggota suatu organisasi dan penggunaan sumber daya lain yang ada dalam organisasi guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
f.       Robert L. Trewarth dan M. Gene Newport
Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, menggerakkan serta mengawasi aktivitas-aktivitas suatu organisasi dalam rangka upaya mencapai koordinasi sumber-sumber daya manusia dan sumber-sumber daya alam dalam hal pencapaian sasaran secara efektif dan efisiensi
g.      Haiman
Manajemen adalah fungsi untuk mencapai suatu tujuan melalui orang lain, mengawasi usaha-usaha yang dilakukan individu untuk mencapai tujuan.
Dari beberapa definisi di atas, manajemen terlihat sebagai suatu proses karena semua manajer, tanpa melihat kecakapan dan keterampilan khususnya, harus melaksanakan kegiatan tertentu yang saling terkait untuk mencapai tujuan.
2.      Manajemen sebagai suatu kolektivitas manusia
Kolektivitas manusia adalah kumpulan orang-orang yang bekerja sama untuk tujuan yang sama. Kumpulan ini menunjukkan adanya tingkatan orang yang menjadi pemimpin atau manajer yang mengatur kumpulan manusia tersebut.
3.      Manajemen sebagai ilmu dan seni
Manajemen disebut sebagai ilmu dikarenakan manajemen telah dipelajari sejak lama dan menjelaskan tentang gejala-gejala diteliti dengan menggunakan metode ilmiah. Sedangkan manajemen sebagai seni adalah kemampuan mencapai tujuan
B.     Hubungan Manajemen dengan Ilmu Lain
Manajemen merupakan ilmu pengetahuan yang dalam artian memerlukan ilmu lain dalam penerapannya. Berikut beberapa hubungan manajemen dengan ilmu lain.
1.      Ilmu manajemen dengan ilmu hukum
Ilmu hukum mempelajari tentang norma-norma dan kaidah-kaidah dalam kehidupan bermasyarakat, sehingga kegiatan manajemen atau kerja sama tidak boleh meninggalkan norma-norma dan kaidah  yang berlaku dalam masyarakat.
2.      Ilmu manajemen dan ilmu ekonomi
Ilmu ekonomi mempelajari bagaimana cara memenuhi dan mencukupi kebutuhan manusia dengan pengorbanan tenaga, biaya, peralatan, waktu, dan material seminimal mungkin untuk hasil tertentu atau pengorbanan tenaga, biaya, peralatan, waktu, dan material tertentu untuk hasil yang maksimal. Sedangkan ilmu manajemen mempelajari kegiatan untuk mengarahkan  kerja sama kelompok dengan menggunakan tenaga, biaya, peralatan, waktu, dan material untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kurang lebih kedua ilmu ini memiliki prinsip yang sama.
3.      Ilmu manajemen dengan sosiologi
Sosiologi mempelajari tata hidup masyarakat termasuk pengelompokan masyarakat. Ilmu manajemen memerlukan prinsip dalam ilmu sosiologi untuk mengetahui bagaimana hubungan manusia dengan sesamanya, interaksi sosial, status sosial, dan dinamika masyarakat.
4.      Ilmu manajemen dengan psikologi
Psikologi mempelajari perilaku seseorang  yang dipengaruhi dan mempengaruhi orang lain. Ilmu manajemen sendiri, mempelajari tentang kegiatan kerja sama kelompok orang  untuk tujuan bersama. Sehingga, psikologi diperlukan untuk mengetahui bagaimana seseorang menghadapi orang lain.
C.     Unsur-unsur Manajemen
Unsur-unsur manajemen dikenal dengan istilah 6M dalam manajemen atau The Six M’s in Management. Unsur-unsur yang dimaksud ini, yaitu:
1.      Man (tenaga kerja), merupakan pusat kegiatan dalam pelaksanaan manajemen.
2.      Money (uang), digunakan sebagai alat tukar-menukar dan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
3.    Machines (mesin-mesin), sebagai alat pembantu kerja yang juga merupakan faktor penentu setiap kegiatan, juga memudahkan dalam melaksanakan pekerjaan.
4.     Methods (metode atau cara kerja), merupakan cara untuk melaksanakan suatu pekerjaan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
5.      Materials (bahan), merupakan benda yang diolah oleh tenaga kerja untuk mencapai pekerjaan.
6.      Market (pasar). Tempat untuk memasarkan barang hasil produksi.

No comments:

Post a Comment